PENELITIAN MENGUNGKAPKAN: PASTA BENAR-BENAR MEMBANTU ANDA MENURUNKAN BERAT BADAN

Belakangan ini pasta seperti menjadi musuh orang yang ingin menurunkan berat badan. Sebetulnya pasta itu tidak menggemukkan.
Meskipun kaya akan karbohidrat, sebenarnya pasta membantu kita untuk tetap langsing. Demikian penemuan sebuah studi baru.


Hal itu disebabkan pasta merupakan bagian dari pola makan Mediterannean yang kaya dengan sayur dan minya zaitun. Oleh karena itu, pasta berhubungan dengan penurunan indeks massa tubuh dan ukuran lingkar pinggang.
Studi yang dilakukan peneliti Italia itu menganalisa pola makan lebih dari 23.000 orang dari dua daerah berbeda di Italia. Peneliti meminta mereka mencatat semua yang mereka makan dalam sebuah buku harian. Kemudian mereka ditanyai soal pola makan itu lewat telepon.

Jumlah pasta yang mereka konsumsi setiap hari terstandarisasi dan dibandingkan dengan indeks massa tubuh, ukuran lingkar pinggang dan pinggul.

Peneliti menyimpulkan tidak ada hubungan antara makan pasta dan pertambahan berat badan. Malah sebenarnya makan pasta berhubungan dengan lebih langsing.

Dengan 100 kalori per porsi setengah cangkir, pasta mengandung sangat sedikit natrium dan kolesterol. Karenanya, pasta merupakan pondasi yang ideal untuk membangun pola makan sehat.

“Obesitas adalah tentang kalori, bukan karbohidrat. Para ahli sepakat bahwa kelebihan asupan kalori menyebabkan kenaikan berat badan. Terlalu banyak kalori dari sumber makanan, termasuk protein, dapat menambah berat badan,” terang Sarah E Wally MS RD, nutrisionis pengasuh situs pastafits.org.

Ikuti tip di bawah ini soal bagaimana membangun makanan berkalori lebih rendah dengan pasta yang akan membantu pinggang Anda tetap ramping

Diet Sehat Dengan Pasta

1. TAMBAHKAN SAYURAN
Masalah mengontrol porsi pasta adalah bahwa pasta tidak menyebabkan rasa kenyang secara langsung setelah Anda memakannya. Karena itu, seringkali timbul rasa ingin mengkonsumsinya lagi. Untuk itu, tambahkan beberapa jenis sayuran yang mengandung air ke dalam hidangan pasta. Hal ini untuk mempercepat rasa kenyang dan puas serta menghindari keinginan untuk makan pasta lebih banyak. Anda dapat menggunakan jamur, lobak, bawang bombay, brokoli dan wortel.


2. KURANGI PORSI DAN TAMBAHKAN KACANG-KACANGAN
Jika selama ini Anda selalu mengkonsumsi pasta dalam jumlah besar, kurangi porsinya. Dengan pasta yang lebih sedikit, tambahan kcang-kacangan agar tetap merasa kenyang. Kacang-kacangan akan memberikan ekstra protein dan serat. Coba tambahkan buncis, lentil, atau mungkin kacang kedelai.

3. SAUS SEHAT
Ganti saus marinara atau bolognese yang klasik dan biasa Anda masak sebagai saus pasta. Cobalah membuat menggunakan minyak zaitun  karena mengandung lemak sehat yang dapat memuaskan nafsu makan Anda. Selain itu, tambahkan juga bahan-bahan rendah kalori seperti brokoli, asparagus atau kacang kedelai.

4. TAMBAHKAN REMPAH-REMPAH
Tambahkan rasa, dan bukan kalori dengan menggunakan rempah-rempah dalam hidangan pasta. Ketika pasta yang dimasak memiliki cita rasa yang bervariasi, maka Anda akan merasa kenyang hanya dengan menikmati porsi yang lebih sedikit dari biasanya. Rempah umum yang digunakan di Italia bisa menjadi pilihan seperti basil, peterseli, dan oregano. Namun Anda juga dapat mencoba rempah-rempah lain seperti pala atau bubuk cabai untuk rasa baru yang lebih segar.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel